Minggu, 08 Januari 2012

Cara Mudah Membuat Laporan


MEMBUAT LAPORAN
Untuk membuat suatu laporan yang baik dan informatif kita harus mengerti telebih dulu tentang bagian-bagian dari laporan. Laporan ini nantinya dapat dijadikan sebagai evaluasi atas jalanya suatu kegiatan.
Secara umum laporan ini terbagi dalam tiga bagian yaitu :
  1. Pendahuluan
  2. Isi
  3. Penutup
Lalu bagaimanakah kita mmengembangkan ketiga bagian itu agar laporan kita lebih detail lagi. Untuk mengembangkan ketiga bagian itu mari kita bahas secara rinci.
  1. Pendahuluan
Bagian pendauluan ini memuat beberapa aspek yaitu :
  • Judul Kegiatan : merupakan nama kegiatan yang dilakukan.
  • Pengesahan : memuat persetujuan laporan oleh ketua panitia ataupun pihak lain yang terkait.
  • Motto : berupa kata-kata bijak (jika diperlukan boleh ditambahkan)
  • Persembahan : memuat orang yang di berikan informasi.
  • Pengantar : dalam pengantar dapat kita tulis ucapan rasa syukur, dasar pembuatan laporan, ucapan terimakasih, harpan.
  • Daftar isi : suatu halaman yang memuat  pembahasan dan letak suatu halaman lain.
  1. Isi
Pada bagian isi kita dapat kategorikan menjadi tiga cabang seperti berikut ini :
a.       Pendahuluan ISI
Dalam pendahuluan isi ini kita dapat menambahkan beberapa baigian laporan seperti :
  • Latar belakang : berisikan suatu alas an tetang pelaksanana suatu kegiatan.
  • Identifikasi Masalah : dapat berupa hal yang mendorong adanya kegiatan.
  • Tujuan kegitan : suatu yang ingin dicapai dengan adanya kegiatan tersebut.
  • Manfaat / kegunaan : manfaat yang dihasilkan oleh pelaksanaan kegiatan.
  • Jangkauan atau intensitas : kedalaman pembahasan tentang kegiatan (jika diperlukan boleh ditambahkan)
  • Sistematika laporan : berisi hal-hal yang mendahului laporan seperti agenda rapat suatu kegiatan.

b.      Isi / batang tubuh
Mengenai isi yang ini kita langsung menceritakan kegiatan missal dari Bab 1, Bab 2 dsb. Pada bagian ini pula kita harus sebaik mungkin mengerti tentang kegiatan yang telah berlangsung. Bagian ini dapat berupa Nama kegiatan, waktu dan tempat pelaksanan, panitia, pendanaan, jadwal kegiatan ,sasaran/subyek yang ikut serta, foto kegiatan, jalannya kegiatan.
  1. Penutup
Dalam menutup suatu laporan yang perlu kita perhatian adalah penutup ini merupakan kesimpulan dari suatu laporan, sedangkan bagian-bagianya adalah sebagai berikut :
  • Kesimpulan : ringkasan dari suatu kegiatan berupa kritik dan saran serta harapan ke depannya.
  • Daftar pustaka : merupakan sumber informasi yang di ambil dari luar laporan yang dapat berupa buku dll. (jika diperlukan boleh ditambahkan)
  • Biodata penulis : berisi informasi data diri penulis

0 komentar:

Posting Komentar

Isikan komentar Anda di sini

Komentar Via FB

Ads

peluang usaha