Minggu, 08 Januari 2012

Cara Mudah Menjadi Pembawa Acara


Pembawa Acara
Untuk memperlancar suatu keperluan seperti rapat, seminar, pertunjukan, serta berbagai kegiatan lain, perlu adanya dipandu pembawa acara/ master of ceremony (mc).
Bagaimanakah menjadi seorang pembawa acara?
Untuk membawakan acara sebenarnya cukup mudah, yang perlu kita ketahui adalah setiap pembawaan acara itu memuat tiga inti yang penting :
  • Pendahuluan
  • Inti acara
  • Penutup
Apa sih Pendahuluan itu? Apa yang perlu kita sampaikan?
Dalam pendahuluan ini beberapa hal yang perlu kita sampaikan seperti :
  1. Mengawali acara dengan menyapa hadirin, salam, ucapan syukur, dan ucapan terimakasih.
  2. Menyampaikan tujuan acara.
  3. Menyampaikan susunan acara yang akan dilakukan.
Lalu bagaimana dengan Inti acara yang akan dilaksanakan?
Dalam inti acara Pembawa acara sangat berperan penting di sinilah yang akan menentukan suatu acara sukses atau tidak. Untuk pembawa acara yang perlu diperhatikan adalah :
  1. Memandu acara dengan cara :
Ø  Memberi ulasan singkat/ rangkuman terhadap acara yang baru saja dilalui. (jika diperlukan).
Ø  Mempersiapkan dan mengajak hadirin untuk mengikuti acara selanjutnya.
  1. Mengatur Jalannya Tukar Pendapat jika dalam acara tersebut terdapat debat. Dengan cara :
Ø  Mengatur giliran orang yang akan menyampaikan pendapat.
Ø  Mengarahkan agar pembicaraan tetap dalam tema.
  1. Menutup acara dengan kata penutup, ucapan terima kasih, permohonan maaf, dan salam penutup




Kalimat yang sering diucapkan oleh Pembawa Acara :
  1. Yang terhormat Bapak/Ibu …… nama orangnya …….. (urutkan dari yang paling tinggi jabatannya) dan hadirin yang berbahagia. Assalamu’alaikum wr wb. ……..wr wb jgn di singkat hehehehhehe…….. Pertama-tama marilah kita panjatkan syukur kita ke hadirat Tuhan YME atas limpahan rahmat-Nya ……bukan rahmat yang nulis ini ok ……. Sehingga kita dapat menghadiri ……….sebutin acaranya di mari……… Tidak lupa kami ucapkan terimakasih atas kehadiran Bapak/Ibu dan saudara sekalian. (pendahuluan 1 sukses)
  2. Pertemuan ini bertujuan ……….sebutin aja maksud acara …………. Atau melalui kegiatan ini diharapkan …………apa harapannya………. (pendahuluan ini juga sukses)
  3. Susunan acara yang akan kita lalui nantinya adalah sebagai berikut : ………….daftar susunan acaranya man abaca dong??.........
  4. Mari kita masuki acara ……name of schedule ……. Yth. Bapak Agus Rahmat Al Haqiqi kami persilakan ……nampang dikit bro n sis( klo Ibu pake Ibu ok) ……
Demikianlah sambutan dari ……nama orang missal Bapak Agus Rahmat Al Haqiqi ……. (jika perlu bias ditambahin “yang intinya mengatakan bahwa …..”)
Hadirin yang saya hormati, kini tiba saatnya kita mendengarkan sambutan dari ……. Misal Eka Setiya Putri …… Yth. Bapak/Ibu/saudara ……. Eka Setiya Putri kami persilakan. (acara sukses lanjutkan).

  1. Para peserta yang ingin menyampaikan tanggapan saya persilakan …. Pilih yang mana klo q pilih yg can*** just kidding jus melon …………
  2. Acara demi acara telah kita lalui semua. Atas partisipasi / perhatian Bapak/Ibu/saidara/para tamu/penonton kami ucapkan terima kasih. Selaku pembawa acara saya moho maaf jika ada hal yang kurang berkenan. Akhir kata wassalamu’alaikum wr wb .

Sekian saksikan episode selanjutnya (emg nih sinetron)
Sekian Thank U Very Much.

5 komentar:

Isikan komentar Anda di sini

Komentar Via FB

Ads

peluang usaha